hubungan antara Sendi dalam tubuh kita dengan shalat Dhuha

Unsplash.com

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallalahu alaihi wasallam bersabda:

كل سُلَامَى من الناس عليه صدقةٌ، كل يومٍ تطلع فيه الشمس: تعدل بين اثنين صدقةٌ، وتعين الرجل في دابته فتحمله عليها أو ترفع له متاعه صدقةٌ، والكلمة الطيبة صدقةٌ، وبكل خطوةٍ تمشيها إلى الصلاة صدقةٌ، وتميط الأذى عن الطريق صدقةٌ

Setiap sendi sendi manusia harus dipenuhi sedekahnya.  Setiap hari matahari terbit ; engkau mendamaikan dua orang adalah sedekah. Kamu membantu orang lain membawakan barangnya atau menaikannya adalah sedekah. Kalimat yang baik adalah sedekah. Setiap langkah menuju sholat adalah sedekah. Dan menyingkirkan gangguan dari jalan adalah sedekah.” HR Al Bukhari dan Muslim.
Dan dalam riwayat Abu Dawud disebutkan ada 360 sendi yang harus dipenuhi sedekahnya. Dan dapat dicukupi dengan dua rakaat sholat dhuha.

Hai Sohb , sahabat ..
Assalamu’alaikum waramatuloh wabarokaatu
Keselamatan bagi semua, semoga Alloh memberikan rahmat dan keberkahan .

Pagi ini, Wa gue kedatangan pesan istimewa dari bandung , pesan tersebut sudah saya share di atas ya , yap . betul, isinya adalah hadits tentang persendian dalam tubuh kita yang harus dipenuhi dengan sedekah .

Dari pesan itu, gue terinspirasi buat bikin tulisan ini, bismillah ya , mudah-mudahan bermanfaat.

Kita bahas ujungnya dulu, keren ya ? setiap persendian kita bisa yang harus dipenuhi dengan sedekah itu bisa di cukupi hanya dengan sholat dhuha dua roka’at . Masya Alloh , ringan banget ya .. iyalah kalau kita pikirin manfaat ciptaan Alloh, yang wujudnya adalah sendi, terus kita bandingkan dengan cukup hanya menunaikan sholat dhuha dua roka’at ya ringan banget menurut gue. Tapi walaupun ringan, ternyata sholat dhuha ini kadang di anggap terlalu ringan, jadi jarang dilaksanakan , ada aja alasan buat ketinggalan sholat dhuha, bener gak ? misal nih , waktu dhua kan sekira jam 7 lewat-an sampai jam sebelas kurang-an . selama itu kadang kita mikir ah nggak keburu, ah kerjaan masih numpuk, ah nanggung masih dalam perjalanan, nanggung lagi asyik maen, dan sebagianya . padahal buatu nyedekahin sendi kita cukup hanya dua roka’at saja .

Mudah-mudahan kedepanya setelah kita tahu dan sadar tentunya akan hadits ini , kita jadi bisa meluangkan waktu untuk menunaikan sholat sunnah Dhuha, 2 rokaat saja. Karena selain jadi sedekah buat sendi, sholat sunnah ini juga katanya bisa memperlancar rejeki, wiiiiih , mantaaabs gak tuh ,, kuy  lah kita dawamkan sohb ..

Kedua, bagian sederhana yang kadang kita gak sadar.

“Setiap hari matahari terbit ; engkau mendamaikan dua orang adalah sedekah. Kamu membantu orang lain membawakan barangnya atau menaikannya adalah sedekah. Kalimat yang baik adalah sedekah. Setiap langkah menuju sholat adalah sedekah. Dan menyingkirkan gangguan dari jalan adalah sedekah’ .

Islam agama yang indah ya , Masya Alloh , sampai hal2 kecil seperti Menyingkirkan gangguan dari jalan sudah di anggap sedekah, ini keren banget asli .

Semoga jadi motivasi buat kita supaya bisa lebih peduli terhadap lingkungan, juga diri sendiri, ternyata kebaikan kecil aja ada pahalanya, sudah di ganjar dengan sedekah, apalagi yang lebih besar .


Wallohu’alam bisshoab .

Maafin gue ya kalau ada salah kata, wassalamu’alaikum warahmatulloh wabarokaatu .
Ibrahim Dutinov
Pembela kebenaran, pencari jomet sejati. Gue Ibrahim, gue penulis. Bukan teroris!

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar

Follow by Email