Jum'at

berhubung di postingan sebelumnya minim komentar (padahal mah emang enggak ada. hehe), padahal gue berharap banget ada yang request bahasan khusus soal hari Jum'at semisal "bro, bahas kenapa ada istilah Sunnah Rosul di malam Jum'at sih Bro?" atau "Bro bahas amalan Sunnah apa saja yang bisa dilakukan di hari Jum'at Bro" atau apa kek, please , gue butuh feedback dari kalian bro hehe (krik krik krik, gak ada yang nanggepin)

yaudah deh gue bikin bahasan sendiri, bahasan yang gue dapet dari perjalanan gue pas selancaran di ombak google dipantai Chrome biar bahasanya masih ringan dan enak di makan ehehe (yakali kripik singkong atau kerupuk). dan bahasan yang gue mau tulis adalah Hari Jum'at, asal - usul hari jum'at


Nama hari di Indonesia yang kita kenal adalah Ahad, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum'at, Sabtu .
ternyata nama-nama itu berasal dari bahasa Arab untuk angka 1,2,3 dan seterusnya. Ahad = satu, senin = isnain = tsani = 2, selasa = tsalasah = 3, rabu = arba'ah = 4, kamis = khomsah = 5, sabtu = sab'ah. sampai sini ngerti lah ya , hehe.

nah selanjutnya kenapa hari jum'at gak di sebut Sit'ah yang artinya = 6 ?
gue yakin sih bro-bro udah tahu jawabanya ya .. hari Jum'at disebut hari jum'at karena pada hari itu umat Muslim melaksanakan Ibadah Sholat Jum'at, sholat yang masya Alloh sangat luar biasa ya. kalau sholat Shubuh, Maghrib, Isya, dan selain Jum'at itu tidak ada kewajiban untuk dilakasanakan secara berjama'ah adapun banyak keutamaan yang bisa didapatkan jika melaksanakan sholat wajib secara berjama'ah, apalagi kalau berjama'ah Shubuh dan Isya , pahala yang bakal Alloh kasih Masya Alloh. khusus hari jum'at, sholat Dzhur digenti dengan sholat Jum'at dan harus dilaksanakan secara berjama'ah dengan ketentuan-ketentuan dan Sunnah Rosull-Nya.

Sholat Jum'at dilakukan seminggu sekali, jika sudah mendekati waktunya, aktivitas yang dilakukan laki-laki perlahan mulai berhenti.
makanya hari ke 6 disebut hari Jum'at.

Tibalah waktu Jum'at
lelaki kecil itu pulang dari sekolahnya
ibunya sudah menyiapkan perlengkapan sholat untuknya
Samping diselendangkan
Kopiah dipakaikan, menutupi rambut si anak
Baju bagus dan seoles minyak harum
non alkohol tentunya ..
berangkat ia dengan gembira
hoalah, anak mamah mau Jum'atan

Tibalah Waktu jum'at
Lelaki yang muda mendengar bel tanda istirahat
melangkahkan kaki ke kantin untuk makan
tak banyak, yang penting perut tak bicara ketika sholat
ambil Wudhu, merapat ke mesjid
salip-salipan menuju Shaf paling depan
demi keutamaan

Tibalah waktu jum'at
orangtua sudah terlatih berjalan dengan tongkat
digibaskan sorban di letakan di pundak
perlahan berjalan menuju kemenangan

tibalah waktu jum'at
sebelum adzan tungku sudah berasap
tanda api sudah mulai memakan kayu
diatasnya ada katel berisi minyak
diselancarkanya pisang bertepung
jadilah goreng pisang setelah waktunya
ditutup rapat-rapat dengan kain
hadiah untuk anak yang pulang sholat jum'at



Ibrahim Dutinov
Pembela kebenaran, pencari jomet sejati. Gue Ibrahim, gue penulis. Bukan teroris!

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar

Follow by Email