Hari ke-11 Ngodop I Jalan Hidup Gue

16 komentar


Setiap orang mempunyai jalan hidup yang berbeda-beda, termasuk gue. Menurut gue, gue punya jalan hidup yang sangat unik, berbeda dengan yang lain pada umumnya. Walaupun gue masih pemula di dunia tulis-menulis ini, gue rasa mimpi gue enggak bisa dianggap remeh loh.

Pernah liat anime berjudul Naruto? Anime tentang perjalanan seorang ninja.  Digarap berdasarkan manga karya Masashi Kishimoto. Anime ini memiliki pelajaran yang bisa kita ambil sebagai seorang manusia biasa (baca:bukan ninja) loh. ada satu istilah dalam anime tersebut yang coba ingin gue masukin di kehidupan gue… Nindo.

Secara harfiah nindo berarti "Jalan ninja" bisa disebut aturan pribadi yang masing-masing shinobi (dibaca : ninja) hidup dengannya. Itu adalah cara hidup Ninja mereka, moto mereka, keyakinan, atau "mimpi" mereka. Nindo seorang ninja bisa apa saja, tidak peduli seberapa bermoral titik pribadi mereka pandang.

Andai saja gue seorang ninja di anime naruto. Maka, gue akan bilang … “Menulis dan membaca adalah jalan ninja gue”. karena dengan menulis dan membaca. Gue bisa membuka cakrawala dengan membaca, dan bisa mengubah beberapa detail aturan dunia dengan sebuah tulisan. Sebuah alasan yang gue rasa cukup untuk dijadikan jalan ninja.

Kembali ke jalan hidup yang gue bilang unik di paragraf awal, sejatinya gue ingin menjadi penulis dan memilih tulisan yang bergenre non-fiksi kreatif atau tulisan non-fiksi yang dibumbui dengan opini khas fiksi (koreksi gue kalau salah). alasannya adalah karena gue tertarik ngangkat suatu cerita nyata dengan dibarengi oleh sentuhan imajinasi. Supaya, bisa lebih menarik untuk dibaca orang.

Sepandai-pandainya Tupai Melompat, Sekali Waktu Jatuh Juga

Gue pikir, gue hanya manusia biasa. Pun dengan tulisan gue, tulisan gue juga masih biasa. Maka sudah sewajarnya apabila gue punya kesalahan. Karenanya gue berharap kita bisa sama-sama memberikan koreksi dan dukungan supaya kesalahan bisa minimal dengan hasil yang maksimal. 

Sekian, gue Ibrahim Dutinov. Gue Penulis, bukan teroris.


#ODOPBatch7
#KMPSMI2
Ibrahim Dutinov
Pembela kebenaran, pencari jomet sejati. Gue Ibrahim, gue penulis. Bukan teroris!

Related Posts

16 komentar

  1. Keren tulisan bukan ninja nya kk. Beda cara penyampaian dg tulisan bukan ninja lain yg kubaca. Terimakasih kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau keren,, Makasih ya Kak.. terima kasih sudah mampir

      Hapus
  2. Kang Ninja, mau minta referensinya tentang non-fiksi kreatif boleh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebetulnya belum nemu sih ya yang bener-bener bahas non fiksi kreatif, cuman pernah ada bahasanya di grup wa oleh salah satu pj ODOP namanya Kak Mutia, yang punya Blog Vit4fit.blogspot.com... lantas saya coba googling .. sama belum nemu yg persis bahas khusus non-fiksi kreatif.

      Cuman.. ada artikel yang membagi non fiksi menjadi 2, satu non-fiksi murni, dua, non fiksi kreatif
      linknya https://www.berbagaireviews.com/2018/06/cerita-non-fiksi-pengertian-pembagian.html

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Waah keren, cara penyampaian yang unik😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, cerita-cerita Kakak juga bagus...

      terimakasih sudah mampir ya Kak

      Hapus
  5. Seperti biasa sangat menghibur dan membuat pembaca no bosan no boring. Ditunggu ya kang postingan selanjutnya hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau begitu.

      Ditunggu juga ya undangannya ..

      Hapus
  6. semoga bisa jadi hokage kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak mau jadi hokage .. pengen jadi ninjapenulis aja terus bikin akademi penulis khusus ninja di Konoha

      Hapus
  7. Akhirnya ketemu juga dengan sesama pecinta Naruto.. hallo mas salam kenal dari mak panda.. hehee salam Naruto datteebayyo... Salam ODOP.. 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aigooooo . Eeh maksudku .. salam Kagebunshin no Jutsu . Hehe

      Makasih udah mampir ya Kak

      Hapus

Posting Komentar

Follow by Email