Hari ke-12 Ngodop I Rumus BTSB, Rumusnya Cut Masalah

19 komentar


Kebingungan kembali menghampiri
Otak tersesat dibutakan ide yang pergi
Tiada kata yang terlihat cocok di teliti
Ah… rasanya ingin mati makan

Maka mendekatlah sini kepadaku
Bawa secangkir kopi si teman rindu
Lalu akan kuceritakan kepadamu
Sebuah cara menahan pilu pipis

Sukabumi, 19-9-2019

Rasanya memang begitu… menulis sehari satu tulisan (dibaca : ngodop) memang memaksa ide untuk singgah berlama-lama dalam otak kita. Kalau ide sudah pergi, menuliskan tulisan yang minimal menarik buat diri sendiri saja rasanya sulit kan? Tapi tenang kawan… semua akan baik-baik saja kok.

Kali ini gue bakal tunjukkan cara-cara BTSB yang bisa mengubah pola pikir kita dalam menghadapi suatu masalah. Termasuk salah satunya saat ide tiba-tiba pergi tanpa pamit mau ke mana. Langsung saja ya berikut adalah cara-caranya.

(ngomong-ngomong nomor 1-4 bisa di klik ya, ada kejutannya)


Kebanyakan dari kita saat menghadapi masalah adalah panik, atau bingung. Otak seakan dipaksa mencari jalan alternatif atas permasalahan yang tersedia. Tahanlah dahulu, berhenti sejenak. Dan biarkan pikiranmu bermanja-manja dengan hal yang disukainya… lantas apa yang bisa dilakukan setelahnya?

2. Tersenyum

Tersenyum lah angkat beberapa sentimeter bibir ke kanan dan ke kiri atas. Lantas saksikanlah dirimu dicermin, jelek bukan? Wah.. mohon maaf bukan bermaksud membuat anda terhina, tapi biasanya orang akan menjadi jelek saat dia dirundung masalah. Maka dengan tersenyum, setidaknya kejelekan itu berkurang… hehe. Cobalah


Seringnya semangat memang datang dan pergi sesuka hati, tapi bukan berarti dia enggak bisa digali. Cobalah melakukan hal-hal yang bisa menyenangkan terlebih dahulu, ngopi misalnya. Sambil di temani alunan merdu khas Imam Mushary Rashid Alafasy; Atau bisa juga dengan mengajak teman untuk berbincang seputar hal-hal yang kita sukai. Dengan begitu perlahan otak anda akan kembali tenang, semangat pun datang.


Berdo’a tak melulu dilakukan ketika sehabis salat, ketika turun hujan, atau ketika teraniaya. Berdoa bisa kapan saja, tiada akhirnya. Salah satu berdo’a yang menyenangkan adalah, ambil air wudhu. Karena ada setiap doa dan kesegaran disetiap gerakannya.

Sekian gue Ibrahim Dutinov, gue penulis. Bukan teroris.

#ODOPBatch7
#KMPSMI2
Ibrahim Dutinov
Pembela kebenaran, pencari jomet sejati. Gue Ibrahim, gue penulis. Bukan teroris!

Related Posts

19 komentar

  1. Saya bisa terapkan ini caranya...karena saya mulai nge-blank😔

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah-mudahan bisa membantu ya.. dan percaya atau tidak sebenarnya tulisan ini berasal dari spontanitas karena sudah nge-Blank ... hehe

      Dan Terimakasih Mbak Lusi sudah sering Mampir kesini

      Hapus
  2. Terus berkarya dan memberikan manfaat bagi orang lain...

    BalasHapus
  3. Mataap, menginspirasi sekali. terima kasih👍

    BalasHapus
  4. 👍🏻.. Saya enggak tahu mau nulis apa.. Udah ngeblank🤥

    BalasHapus
  5. Nuhun banget Kang Ninja atas tulisannya, suka! Apalagi sama poin ketiga...

    BalasHapus
  6. Salam kenal Kak, saya suka gaya penulisannya. Keren :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Kak Flo... Makasih udah mampir ya ,, maaf belum sempat mampir kesana. Hehe

      Hapus
  7. Fyi, aku follower barumu, lho. Folback ya, kalo boleh sih 😂😂. Bdw, suka banget sama gaya penulisan ringan dan gk gampang bosen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyiaaap . Segera meluncur Jempol Khusus kesana . Hehe makasih kak Makasih

      Hapus
  8. Mantap tipsnya, izin memraktekkan yaaa... :) Semangat teruuus biar lulus ODOP bareng-bareng :) Salam dari grup Nottingham.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah Kak. terimakasih >>

      Aamiiiin , harus , kita harus lulus bareng-bareng.. hehe
      asyiap. Sapporo terima salam dari Nottingham

      Hapus
  9. Balasan
    1. hehe. mudah-mudahan sih selain bener bisa bermanfaat. hehe

      Makasih udah Mampir ya Kak

      Hapus
  10. Bait pembukanya itu lho yang menjebak. Dikira sudah mulai, ternyata masih intro... 😁

    Sepakat sama Kak Ibrahim....

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email