Hari ke-5 ngodop I Cerita dihari Jum'at

12 komentar
Freepik.com



Hari ke-5 ngodop I Cerita dihari Jum'at

Hai para Raiders

Hari ke-5 Ngodop nih. Bertepatan dengan hari Jum'at. Hari berkah banget untuk Raiders yang beragama Islam. Mengapa demikian? Nanti gue bakal coba jawab lewat beberapa cerita pendek (banget). Tapi sebelum itu, kita bahas Jum’at sebentar ya… Ada satu hari dalam seminggu, lelaki muslim diwajibkan untuk beribadah sholat Jum’at, sebagaimana tertulis dalam firman Allah berikut :

“Hai orang - orang yang beriman, apabila diserukan untuk menunaikan shalat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkan jual beli.” (QS. Al-Jumu’ah : 9)

”Sholat Jum’at itu adalah kewajiban bagi setiap muslim dengan berjama’ah kecuali atau tidak diwajibkan atas 4 orang yaitu budak, wanita, anak kecil dan orang yang sedang sakit.” (HR. ABu Daud)

Nah sekarang gue bakal tulis beberapa cerita pendek (banget) yang berhubungan dengan hari Jum’at. Baca sampai akhir ya , terus nanti hikmahnya coba Raiders tulis di kolom komentar .

***
Aisyah sedang duduk menatap jendela, menyeruput segelas teh yang sudah dia siapkan sebelumnya. Di samping Aisyah ada meja makan yang sudah tersedia camilan, segelas susu dan secangkir kopi. Sepertinya sudah semua pekerjaan rumah ia kerjakan. Sambil menunggu anak dan suami pulang jum’atan, Aisyah memang sering meluangkan waktu dengan secangkir teh, sebelum mencuci tangan, wajah dan kakinya dengan air wudhu. Teh yang belum habis ia simpan untuk nanti diminum bersama. Sesaat kemudian Aisyah pergi berwudhu, menunaikan sholat dzuhur di kamarnya.

***
Umar melepaskan tangan ibunda dari ciuman mesra dirinya. Merupakan adab yang tinggi dari anak ke Ibunda. Setelah cium tangan, sejurus kemudian Umar mengambil langkah untuk mengikuti langkah Abinya. Berjalan melewati gang komplek rumah menuju Masjid di tengah perumahan. Dipegang dan di genggamlah tangan Abinya, mereka pun bergegas menuju Masjid.

***
Khalid merapikan koko, sarung dan peci. Semuanya serba putih, semuanya serba rapi. Sengaja sudah disiapkan Istri tercinta khusus untuk hari Jum’at supaya bisa dipakai Jum'atan. ada do’a dan cinta di setiap jari tangan yang mempel ke setrika; ketika digosok ke pakaian Khalid. Ada kasih dan sayang juga ikut disematkan di setiap semprotan pelicin yang menempel di baju Khalid. Khalid keluar membuka pintu dan pagar rumah. Khalid berjalan menuju Masjid, di belakang ada anak kecil  mengikutinya. Khalid pegang tangan si anak kecil, mereka berjalan bersama menuju Masjid.

***
"Assalamu’alaikum" sayup-sayup salam terdengar di belakang pintu rumah.

“Ah itu pasti mereka” gumam Aisyah sambil berjalan menuju asal suara.

“W’alaikumussalam” ucap Aisyah sambil membuka pintu.

Sreeeeet, (suara pintu terbuka)
jreeeeng … barokallohulakuma wabaroka ( lagu maher Zain barokalloh diputar di latar kisah ini, ehehe)

Aisyah membukakan pintu, dilihatnya ada Umar sedang bercanda dengan Khalid, Ayahnya Umar. Khalid memalingkan wajah ke Aisyah, menggapai tanganya dan mengecup kening Aisyah. Setelah itu Aisyah mendekap erat tubuh Umar.

Pemandangan yang indah di depan pintu.

Tak lama mereka masuk ke dalam rumah dan duduk bersama. Umar meneguk susu sedangkan Khalid menyeruput kopi. Keduanya sudah tersaji bersama pisang goreng sebagai camilan.

***

Wah indah dan  berkah bukan ? Atau jangan-jangan gajebo hehe.
Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak untuk dijadikan bahan evaluasi. Hehe

Sekian Ibrahim Dutinov, gue penulis, bukan teroris

#ODOPBatch7
#KMPSMI2

Ibrahim Dutinov
Pembela kebenaran, pencari jomet sejati. Gue Ibrahim, gue penulis. Bukan teroris!

Related Posts

12 komentar

  1. Aih manis kang ceritanya,,
    Bikin yg jomblo menghayal hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang... tenang, stok buku nikah masih banyak, apalagi di jampang. Buaaaanyak. hehe

      Hapus
  2. Baper oy.. BaperπŸ˜πŸ˜πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cepetan makan Mbak, nanti terlanjur telat makan gak enak loh. hihihks

      Hapus
  3. Asik asik.. simpel yang mengena. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau itu pernyataan jujur mah. Hehe

      Makasih ya sudah mampir

      Hapus
  4. Lumayan buat baper Kak πŸ˜†

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah..makasih udah mampir ka

    BalasHapus
  6. Penulisan hari Jumat dan Masjid, pake huruf kapital.

    Penulisan dialog tag-nya bisa di-Googling ��

    BalasHapus
  7. Ah iya ya. Kapital ya .

    Dialog tag Googling..

    Noted kak . Makasih ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email