Kenapa Penulis Pemula Sering Bingung Menulis

4 komentar


Sahabat Dutinov yang gue banggakan.
Apakah kamu termasuk penulis pemula?
Lantas sering merasa kehilangan ide, atau bingung mau nulis apa?
Berikut bakal gue urai beberapa alasan kenapa penulis pemula sering merasa bingung kalau mau nulis.

Kurang Jam Terbang 

Menurut gue, salah satu alasan kamu sering bingung mau nulis apa, adalah karena jam terbang nulis dan baca kamu kurang. Seberapa sering kamu baca buku, seberapa sering kamu nulis akan berpengaruh terhadap rangsangan ide yang ada dalam pikiran kamu.

Percaya deh, banyak penulis sukses terlahir dari kebiasaan membaca dan menulis yang sudah oke banget, jam terbangnya sudah jaaaaauuuuuh cooy. Nah, kalau kamu merasa sering bingung mau nulis apa, berarti?

Pinter. Hehehe

Bacaan Itu-itu Aja

Selain jam terbang, bacaan yang itu-itu aja juga membuat kemampuan menulis kamu jadi mandul loh. Coba deh baca lebih banyak buku yang berbeda, selama itu positif dan bisa menambah ketajaman tulisan kamu, Why not? Naha henteu?.  

Membaca banyak buku juga mampu membuat penulis mengarang cerita yang lebih kompleks dan kayak akan isi. Gue yakin penulis-penulis hebat seperti Kang Abik misalnya, sebelum menulis buku sudah bisa dipastikan membaca buku dari berbagai sumber. Dan berbagai disiplin ilmu. Bukan buku itu-itu aja. Eheheehe. Jadi kalau kamu masih merasa sering bingung mau nulis apa berarti?

Menulis Setengah Hati

Maksud gue bukan menulis gambar setengah hati ya. Tau kan maksud gue? Hehe. Asli ya. Kalau kamu punya cita-cita, terus dilakukan dengan setengah hati, kira-kira bakal berhasil enggak tuh? Hayo jujur! Ngaku! Ya enggak lah!

Seseorang yang ingin menjadi tentara, haruslah bersungguh-sungguh dalam usaha mencapainya. Menjaga kesehatan, meningkarkan kebugaran, daya tahan fisik, menambah wawasan, melatih konsentrasi, melatih kemahiran akademik dan lain sebagainya dong ya. Enggak bisa tuh tujuannya jadi tentara tercapai kalau dilakukan dengan setengah hati.

Enggak Mau Konsisten

Seringnya gue rasa menjadi penulis pemula itu moody, gimana ada moodnya. Padahal menjadi penulis yang berhasil itu tentu harus melakukan latihan dengan konsisten. Berlatih menulis setiap waktu tertentu atau menulis dengan target tertentu. Kalau ngandelin mood ya wajar aja kalau tiba-tiba bingung mau nulis apa. Lah wong moodnya belum ada. Hehe. Enggak konsisten!

Malu-malu, kurang Pede, Takut-an

Pada kasus malu-malu ini, mungkin terjadi karena kurang pede sama tulisan sendiri. udah nulis beberapa paragraf, ah malu ah kayaknya jelek, hapus lagi aja. duh kayaknya masih banyak yang salah deh, enggak pade ngepostingnya juga. Atau takut buah tulisannya tidak diapresiasi orang. 

Jadi seperti itu kira-kira alasan-alasan kenapa penulis pemula sering merasa bingung kalau mau nulis. Semoga bisa menjadi pelajaran buat kita ya. Kalau ada yang kurang boleh menambahkan di kolom komentar ya.


Sekian, gue Ibrahim Dutinov. Gue penulis, bukan teroris.

#KMP2SMI
#ODOPBatch7
#harike-23Ngodop
Ibrahim Dutinov
Pembela kebenaran, pencari jomet sejati. Gue Ibrahim, gue penulis. Bukan teroris!

Related Posts

4 komentar

  1. Nambah satu bang...
    Nggk percaya diri nunjukin tulisannya...

    BalasHapus
  2. masalhku adaalh kurang nya membaca kang aduuh .. malasnya gaj ketulungan hihi

    BalasHapus
  3. Bener banget...
    dan yang paling sering terjadi adalah males😅, males mikir, males baca, dll

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email