Tulisan yang bagus itu



Sahabat Dutinov. Tulisan yang bagus bisa dikatakan bagus apabila tulisan  itu bertujuan bagus, ditulis dengan cara yang bagus, dan orang mampu menangkap tujuan sipenulisnya dengan bagus pula.

Ngomongin soal tujuan


Suatu hari bunda, ada seorang anak  bertanya pada bapaknya.

"Pak, buat apa berlapar-lapar puasa?"

Bapaknya diam

"Pak, tarawih tadarus apalah gunanya?"

"Nak, lapar mengajarkan rendah hati selalu, tadarus artinya memahami kitab suci, tarawih mendekatkan diri pada Illahi."

Setidaknya cerita di atas yang sebenernya adalah sebuah lirik lagu yang pernah dipopulerkan oleh grup band Gigi. Adalah membahas tentang tujuan puasa, tadarus dan tarawih.

Qur'an Surat Adz-Dzariyat ayat 56 :

"Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku."

Ayat di atas juga membahas tentang tujuan ya. Lebih tepatnya adalah tujuan diciptakannya jin dan manusia.


Tentukan tujuan tulisan kamu

Kamu ingin menulis? Akan dibawa ke mana tulisan kamu itu? Tujuannya apa? menghibur kah, memberikan informasi kah, mengajak orang supaya berbuat baik kah? Atau apa?

Gue rasa tulisan yang sekedar curhat doang tanpa ada tujuan bagus tersirat di situ, hanya akan membuat pembaca iba deh, dan palingan hanya meninggalkan kesan sementara saja... "Wah kasian kamu", "Ceritanya sedih ya", sukur-sukur kalau ada yang iba. Kalau justru ada yang muak, bagaimana? Hehehe

Selalu tetapkan tujuan untuk tulisan-tulisan kamu ya.

Mau dibawa kemana tulisan itu?
Jika kau terus menunda-nunda
Tanpa ada tujuan nyata.
Mau dibawa kemana tulisan itu?
Kau tak akan terus jalani
Tanpa ada tujuan pasti
Antara kau dan tulisan

Hehe. Maaf kalau lagu armada ini gue arasement secara paksa. Tujuan gue adalah biar terhibur.

Tulisan kamu harus ditulis dengan cara yang bagus.

Orang bakal senang baca novel jika dialog antar tokohnya ditulis dengan ilmu dialog tag yang bener.

Atau orang bisa mengerti skripsi yang kita buat kalau skripsi ditulis dengan kerangka yang betul. Ada metode penelitiannya, hipotesis dan sebagainya.

Orang akan senang membaca artikel jika ditulis berdasarkan fakta yang ada, ada datanya, atau memberikan informasi.

Cara menulis kita harus bagus, harus sesuai. Dan ini merupakan kolaborasi yang tepat untuk menghasilkan tulisan yang bagus.

Satu lagi kolaborasi yang harus ikut.

Orang mampu menangkap tujuan sipenulis dengan bagus.

Hemmm hemm hemmm.
Tujuan sudah bagus
Cara nulisnya juga sudah bagus
Kalau orang yang baca masih belum ngerti dengan tujuan penulis.
Salah penulis apa?

ah ... Nuhun pissan ya udah baca tulisan gue sampei akhir. jangan tinggalkan komentar ya Kak . nuhun pisan
Ibrahim Dutinov
Pembela kebenaran, pencari jomet sejati. Gue Ibrahim, gue penulis. Bukan teroris!

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar

Follow by Email