Tetap Kreatif dan Produktif di Media Sosial Bersama Indosat

14 komentar

Tetap Kreatif dan Produktif di Media Sosial Bersama Indosat


Menjadi orang yang tetap kreatif dan produktif di media sosial itu bukan bakat, melainkan keahlian yang siapa saja bisa melakukannya asal mau mengasahnya.

Berikut ini akan kita ulas, bagaimana sih cara menjadi orang yang kreatif dan produktif di media sosial. Tapi sebelum itu, ada baiknya kita ketahui dahulu beberapa hal penting berikut

Perkembangan Teknologi


Perkembangan teknologi dewasa ini semakin maju saja. Jika dahulu kita banyak membaca berita dari seberkas koran, yang di dapat dari pengantar koran. Sekarang kita bisa membaca berita dari gawai secara daring. Dahulu kita belanja harus ke pasar, menenteng tas besar berisi barang yang kita beli. Sekarang sudah bisa online. Satu-dua klik, barang pesanan tinggal tunggu diantar kurir ke rumah. Suka tidak suka, mau tidak mau, perkembangan itu menuntut kita untuk melek teknologi.

Jika kita abai atau bahkan tidak mau tahu soal perkembangan teknologi ini, maka bisa dipastikan bahwa kita akan ketinggalan jaman. Kalau begitu, apa kita akan mewariskan ini kepada penerus kita?

Produktif dan Kreatif menjadi sikap yang harus kita ambil untuk mengimbangi perkembangan semua itu. Tapi, bagaimana caranya? Apakah kreatif dan produktif itu betul-betul bisa dilakukan tanpa bakat sekalipun?

Ciri Orang yang Kreatif dan Produktif


1. Senang Berimajinasi


Berimajinasi adalah salah satu cara otak mengasah kreativitasnya. Orang yang suka berimajinasi cenderung lebih menekankan berpikir menggunakan otak kanan dibandingkan dengan otak kirinya. orang-orang itu dikenal sebagai pemimpi yang realistis, yang mana ia akan dapat merealisasikan mimpinya.

Karena imajinasi itu bisa mengindikasikan kalau Anda kreatif, Jadi silakan berimajinasi dengan tetap mengikuti aturan yang positif

2. Menyukai Tantangan


Orang kreatif dan produktif sudah pasti menyukai tantangan. Tidak peduli seberapa besar tantangan itu, selama dia yakin bahwa itu jalan yang harus ia tempuh, maka ia akan melakukannya.

Bagi orang yang kreatif, tantangan bukanlah hal yang membuat mereka berhenti. Justru tantangan akan memacu semangat mereka. Orang-orang kreatif akan memandang sebuah tantangan sebagai suatu hal yang harus dihadapi dengan rasa optimis.

3. Mudah Beradaptasi


Ciri lain orang kreatif adalah mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Itu karena dia akan banyak membantu orang di sekitarnya. Selain itu, kemampuannya beradaptasi akan membantu banyak pihak untuk menyelesaikan kasus secara berkelompok. Oleh karena itu, dengan berada di dekat orang kreatif, Anda mungkin saja akan banyak ditolong.

Apalagi sekarang pandemi sedang berlangsung. Tentu banyak orang yang mulai depresi dan kehilangan daya semangatnya. Orang kreatif tidak akan menyerah begitu saja. Ia akan bangkit, menjadikan pandemi sebagai teman yang di mana ia harus bisa beradaptasi dengannya. Selama pandemi itu masih ada.

4. Mudah Merasa Bosan


Rata-rata orang kreatif itu tidak puas hanya dengan satu pencapaian. Tidak merasa puas berada dalam zona nyaman. Mereka cenderung aktif dan mudah merasa bosan. Orang yang kreatif sangat sering berimajinasi dan memiliki sifat terbuka pada hal yang baru. 

Sifat ini membuat orang-orang kreatif menjadi cepat bosan pada suatu hal dan terdorong untuk mencoba hal atau tantangan baru di sekitarnya. Hal itu berangsur menjadikan mereka orang yang produktif. Karena selalu ada hal baru yang mereka bisa hasilkan.

5. Sulit Ditebak


Pribadi yang kreatif adalah pribadi yang sulit ditebak. Oleh karena itu, kadang orang lain akan mengecapnya sebagai pribadi misterius.

Selain itu, sebenarnya orang yang kreatif akan mempunyai daya sensitivitas yang tinggi. Artinya, mereka adalah orang-orang yang peka dan peduli terhadap sekitar. Selain itu, rasa empati mereka juga dapat dikatakan sangat baik.


Raditya Dika dan Atta Halilintar


Ada banyak orang yang sudah membuktikan bahwa dirinya bisa menjadi orang yang kreatif dan produktif di media sosial. Misalnya saja Raditya Dika dan Atta Halilintar

Jika kamu mengikuti semua film yang ia buat, maka kamu akan tahu kalau awal mula Raditya Dika dikenal banyak orang adalah lewat sebuah blog. Ya, platform khusus yang digunakan orang untuk menuliskan banyak hal yang ingin dituliskan. Blog menjadi tempat Bang Radit untuk menuliskan semua cerita lucu, konyol bahkan terdengar gila yang menjadi ciri khasnya.

Beda cerita dengan Radit, Atta mengawali karirnya sebagai pengupload video di Youtube (YouTuber) lalu terkenal lewat platform tersebut, proses kreatif dan produktif yang Ia lakukan, akhirnya bisa mendapatkan banyak uang.  Selain dari Youtube, Atta meraup penghasilan dari dunia akting dan musik serta memiliki toko online sendiri. 

Mengutip kompas.com Berdasarkan data Purple Moon Promotional Product, Atta menduduki posisi nomor delapan dalam daftar itu dengan penghasilan diperkirakan mencapai Rp 269 miliar per tahun. Sementara estimasi penghasilannya perbulan adalah 1,3 juta poundsterling atau setara Rp 22,4 miliar. Waaauw, keren kan?

Bagaimana Agar Bisa Produktif dan Kreatif di Media Sosial?


1. Ikut Pelatihan 


Di dunia yang serba modern ini, seringnya kita abai dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Termasuk ilmu tentang media digital. Hmmm kalau tidak tahu tentang apa yang ingin kita bisa kreatif dan produktif di sana, mana bisa kita mendapatkan tujuan itu. Mengikuti pelatihan adalah salah satu jalan yang bisa diambil untuk memperluas wawasan kita.

Selama pandemi, ada banyak sekali pelatihan yang bisa kita ikuti loh. Contohnya saja pelatihan yang selesai gue ikuti beberapa waktu lalu. 

Tetap Aktif dan Kreatif di Media Sosial Bersama Indosat


Webinar Tetap Kreatif dan Produktif di Media Sosial bersama Indosat dan FLP Kab. Sukabumi.


Webinar ini asli informatif banget. Gue yang sedang belajar ngeblog, jadi tahu apa yang bisa gue lakukan untuk blog gue. Pemateri yang didatangkan adalah pemateri yang emang kompeten dan terbukti sukses di media sosial. 

Gue mendapatkan ilmu proses kreatif dan produktif melalui Mbak Naqiyyah Syam. Ibu tiga anak yang berdomisili di Bandar Lampung ini adalah seorang penulis, blogger dan juga trainer. Lewat proses kreatif dan produktif itu, beliau berhasil menghasilkan banyak buku, komunitas blogger keren bernama terapis blogger, dan sudah melatih banyak orang dengan ilmunya.

Asli keren banget webinar yang diadakan Indosat dan FLP Kab. Sukabumi ini. Gue jadi tahu cara ngedit grafis yang keren via canva, atau aplikasi editing online lainnya. Gue juga jadi tahu bagaimana cara mengoptimasi media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, Twittet sampai blog. Tentunya ilmu itu diberikan oleh coach berpengalaman yaitu Kang Ilham Sadli. Sama-sama blogger, sama-sama penulis dan sama-sama sering meluangkan waktu untuk mentraining orang-orang.

Pokoknya semuanya kereeeen. Makasih banget buat Indosat dan FLP Kab. Sukabumi.

2. Gabung Komunitas


If you want go to fast, go alone
If you want go to far, go together

Komunitas biasanya berisikan sekelompok orang yang punya minat yang sama. Komunitas menulis, kemungkinan besar isinya adalah sekelompok orang minatnya sama-sama di dunia menulis. Komunitas motor jadul, isinya adalah sekelompok orang yang minatnya sama yaitu motor jadul. Ada juga komunitas blogwalking asyik, ini isinya sekelompok blogger yang senang melakukan blogwalking. Jadi bisa disimpulilkan bahwa kesamaan minat adalah utamanya orang berkomunitas.

Selain kesamaan minat, ada aktivitas sakral yang membuat komunitas menjadi solid, namanya jadi tenar, dan membernya sudah pasti diuntungkan. Semua sudah pasti setuju bahwa aktivitas sakral itu adalah saling memberi apresiasi. Komunitas yang baik sudah barang tentu memiliki ikatan yang baik. Seperti ikatan keluarga yang baik.

Tidak alasan buruk untuk bergabung dengan komunitas, banyak komunitas-komunitas keren yang didalamnya bisa membentuk sifat kreatif dan produktif kamu. Tinggal dipilih saja komunitasnya, setiap media sosial biasanya punya komunitas masing-masing.

3. Asah Kemampuan 


Sebaik-baiknya pisau adalah pisau yang mampu melakukan tugasnya ketika dibutuhkan. Pisau yang mampu memotong wortel ketika memasak, pisau yang mampu mengiris bawang ketika hendak menyiapkan bumbu. Atau pisau yang mampu memotong ayam menjadi beberapa bagian untuk dimasak. 

Pisau itu tidak akan mampu menyelesaikan tugasnya apabila tidak melawati proses "asah" terlebih dahulu. Kalau enggak diasah, pisau jadi tumpul. Sama dengan kita, proses kreatif dan produktif ini juga perlu latihan. Perlu terus menerus diasah supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Raditya Dika mungkin tidak akan menjadi seorang stand up komedian yang terkenal jika ia tidak sering berlatih dengan membaca banyak referensi, menyaksikan stand up dari orang lain, atau berlatih bersama komunitas. Begitupun dengan Atta, Mbak Naqiyah, Coach Ilham. Mereka bisa hebat karena mereka taat (berlatih)


4. Amati Tiru Modifikasi (ATM)


Menjadi kreatif dan produktif tidak melulu berarti menghasilkan sesuatu yang benar-benar baru. Hal-hal yang sudah ada namun dimodifikasi dengan sedemikian rupa juga bisa tuh jadi hal baru. Dari proses mengamati, meniru dan memodifikasi ini nantinya hal yang sudah ada itu mempunyai fungsi yang baru, bentuk baru, manfaat baru, atau bahkan kemampuan baru yang masih bisa dikembangkan lagi.

5. Siapkan Modal


Niat Adalah Modal Paling Utama.


Sesungguhnya segala usaha itu tergantung niat

Akan aneh jika kita ingin menjadi orang yang kreatif dan produktif di media sosial, tapi tidak diawali dengan niat yang betul. Hmm, sudah bisa kebayang dong ya, niatnya aja enggak apalagi usahanya. Pastikan niat kamu itu tepat. Niatkan juga supaya hasilnya nanti ilmu kamu itu bisa bermanfaat buat orang banyak ya. 

Pasangkan dengan Tekad


Selain niat, kita juga butuh tekad. Tekad atau kemauan yang kuat itu akan mengikat niat dengan kencang. Ketika niat itu menjadi melenceng ketika proses berjalan, tekad akan menariknya kembali dan mengikatnya erat-erat. Tekad juga akan membantu kamu menghadapi semua tantangan yang ada. Menyelesaikannya, lalu menikmati hasilnya nanti

Dukung dengan Paket Data yang Mantap


Berhubung proses menjadi kreatif dan produktif ini dilakukan di media sosial. Jadi jelas dong kamu bakal butuh modal paket data yang mantap. Kira-kira, paket data yang seperti apa yang bisa kamu gunakan untuk modal tersebut? Yap! Indosat dengan beragam paket internetnya, tentu mampu menjawab pertanyaan itu. Paket data yang disediakan Indosat adalah paket data yang sangat cocok kamu gunakan biar proses kreatif dan produktif kamu di media sosial itu berjalan dengan lancar.

Berikut pilihan paket data yang bisa kamu ambil dan aktifkan :


Paket Freedom Combo

Selain internetan, paket Freedom Combo juga bisa digunakan untuk teleponan. Gak nanggung loh teleponnya ke semua operator. Jarang-jarang kan ada provider ngasih gratis ke semua operator ketika milih paket internet.

Sensasi Flash Sale Indosat

Kalau kamu install my Im3, kamu bisa dapetin paket khusus tiap waktu tertentu. Yap! Sensasi Flash Sale dari Indosat ini emang bikin sensasi banget. 50gb + gratis telepon ke semua operator bisa kamu dapatkan hanya denga  merogoh kocek Rp. 100k saja. Daebak!
Apakah masih ada yang lainnya? Tenang, bukan Indosat namanya kalau enggak kasih info lengkap. Selebihnya bisa kamu chek di My Im3 yap! Eh ada hadiah loh kalau kamu bisa ajak orang install My Im3
Kalau sudah install, masukan kode di bawah yap!



Well, semua proses dari awal kamu mengetahui perkembangan teknologi, ciri orang kreatif-produktif, contoh orang yang sukses di media sosial, tips menjadi kreatif-produktif sampai dengan mengetahui modal apa saja yang harus kamu punya. Akan berhasil membuat kamu menjadi orang yang kreatif dan produktif apabila kamu menjalankannya. Akhir kata, kamu pasti bisa!

Sekian, gue Baim.
Gue penulis, bukan teroris.


Yang dibaca penulis :

https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-kreatif.html
Ibrahim Dutinov
Pembela kebenaran, pencari jomet sejati. Gue Ibrahim, gue penulis. Bukan teroris!

Related Posts

14 komentar

  1. Gabung komunitas emang terbukti ampuh mengasah kreativitas. Bahkan kemampuan yang udah lama terkubur bisa bangkit karna ada support dari teman di komunitas.

    Kreativitas juga perlu sih buat emak emak kaya saya. kenapa? Emak punya tanggung jawab mengasuh mendidik anak dan keluarga, klo ga kreatif gimana mau membersamai anak selama masa PJJ? iya kan? Hehehe

    Untungnya, saya juga pemakai setia indosat lho sejak punya hp jaman nokia hiu 😁 pernah ganti tapi balik lagi ke mantan, eh ke indosat! Soalnya banyak paket semacam combo gini.

    Emak kan pilih yang ekonomis dan lengkap ya, hihihi

    BalasHapus
  2. Gila ya penghasilan si Atta dan moncernya Raditya Dika yang semua diawali dari proses kreatif mereka. Saya sependapat dengan bahasan di sini, tetap kreatif dan produktif di sosmed yang keuntungannya bisa banyak. Daripada nyebarin berita negatif juga hoax yang memecah belah persatuan, kan?
    Dan webinar yang diadakan dengan 2 pemateri Mbak Naqi dan Mas Ilham beneran daging tuh materinya.
    Semoga Mas Baim yang penulis dan bukan teroris bisa mengaplikasikannya dan sukses dengan kreativitasnya!

    BalasHapus
  3. Wah pemateri acaranya ada mas Ilham. Betewe saya sendiri juga kalau gak ada wifi internetan sebulannya ya pakai im3 karena paketannya beragam mulai dari yang 25rbuan sebulan hingga 200rb sebulan, tinggal pilih sesuai kebutuhan dan recehan yang ada di kantong aja

    BalasHapus
  4. AH iya, di masa pandemi ini kita harus tetap kreatif dan produktif. Dan semesta pun mendukung ya, dengan adanya komunitas dan pelatihan gratis di mana-mana. Yang penting internet lancar jaya

    BalasHapus
  5. Kreatif dan produktif bagus kak serta konsisten pasti semua akan berhasil

    BalasHapus
  6. Sepengalamanku gabung komunitas emang banyak bikin peningkatan. Baik secara langsung seperti lewat pelatihan atau blog walking begini. Jadi perbandingan dan belajar menulis dari teman lainnya. Makasih mas artikelnya. Keren....

    BalasHapus
  7. Artikel ini enak sekali dibacanya kak, sangat mengalir kaya signal Indosat hehe.

    Fakta tentang Atha halilintar membuat saya tercengang, ngga heran semua artis sekarang beralih ke youtube. Kita sebagai masyarakat dari kalangan non artis jadi mulai bisa mencoba strategi yang mereka buat.

    Lagipula the biggest resource itu adalah diri kita sendiri.

    Setuju dengan fungsi komunitas disini, manusia sebagai mahluk sosial memerlukan juga motivasi yang berasal dari luar seperti dorongan orang-orang di dalam komunitas yang sama.

    BalasHapus
  8. Wow mantul ini mah. Pendukung kreativitas banget kuota saat pandemi begini. Btw itu paket kuotanya berlaku sebulan ya kak?

    BalasHapus
  9. Di era digital seperti sekarang, kita emang dituntut kreatif dan inovatif, ya. Kalo enggak, ya siap-siap aja "tergusur". Makanya, upgrade skill lewat webinar kayak gini jadi penting banget.

    BalasHapus
  10. Wow bang baim makin keceee aja blognya euy. Baru kali ini aku buka lewat laptop.
    Tulisannyaa juga edukatif banget. Btw kak, kalau boleh usul ini warna kotak kolom komentarnya abu-abu, tulisannya hitam, jadi perlu akomodasi mata penuh gituu. Heheh mungkin boxnya bisa diganti sama warna yang lebih cerah biar kalau mau left komen lewat laptop gini ngga silau2 amat.
    Terimakasih tulisannya bang. Btw aku pengen ikut webinarnya tapi kebanyakan tapi

    BalasHapus
  11. Punya modal dan tekad, masuk komunitas yang tepat, udah pasti sih bakal jadi pribadi yang senantiasa kreatif. Suka banget sama pembahasannya, membuka pemahaman terbaru

    BalasHapus
  12. Paket kuota Indosat keren ya... Jadi nyobain kartu Indosat. Biar berkreativitas tanpa batas hehe

    BalasHapus
  13. MasyaAllah Penghasilan atta ternyata sebesar itu yaa. Bener bgt ikutbkomunitas, pelatihan itu mengasah creativity. Modal utama dan terbesar memang niat yaa

    BalasHapus
  14. Jadi pengen beli kartu im3 Ooredoo karena kartu saya sekarang dapat kuotanya dikit, hehe. omong-omong, terima kasih untuk tips yang bermanfaatnya, Mas

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email