Susah Belajar Copywrting? Begini Caranya!

4 komentar
Susah Belajar Copywriting

Apa sih copywriting itu? Apakah kamu masih merasa asing dengan copywriting? padahal sudah pernah belajar sebelumnya. Hmm, tenang Sobat Dutinov. Kamu sudah berada di jalan yang benar kok. Tulisan kali ini spesial buat kamu yang pengen belajar copywriting. Karena saya akan membagikan pengalaman pribadi saya selama belajar dan membuat copywriting. Apakah kamu sudah siap? oke chekidot


Siapa yang tidak pernah sekalipun melihat contoh tulisan copywriting? Emm, kayaknya semua orang yang pernah punya gawai (termasuk kamu) pasti pernah lihat deh, tapi mungkin emang nggak sadar aja kalau yang kamu lihat itu adalah copywriting. sebagai contoh nih ya, kamu pasti pernah lihat ini bukan?
Contoh Copywriting
Contoh Copywriting Indosat Ooredoo
Hayo ngaku! kamu pasti pernah lihat kan? apalagi kalau kamu pengguna setia Indosat. Pastinya sudah nggak asing lagi dong ya sama pesan-pesan mesra dari Indosat itu. Hehe Nah! sobat Dutinov.  Pesan di atas adalah contoh copywriting ya

Apa sih Copywriting itu?

Copywriting adalah ilmu tentang sebuah tulisan yang mampu mengajak orang tertarik dan mengikuti apa yang kita inginkan. Jelasnya Copywriting merupakan sebuah teknik memilih kata-kata untuk mempromosikan seseorang, gagasan, perusahaan, produk jasa, atau lainnya agar orang yang membaca tulisan itu mampu membeli, menyetujui, atau melakukan sesuatu seperti apa yang "diperintahkan" oleh tulisan tersebut.

Kayak contoh tadi, kita digiring supaya mau buka aplikasi MyIM3 atau mengklik link yang sudah disediakan. Nah, tulisan-tulisan seperti itu namanya adalah copywriting. Kalau sudah belajar dari sini, kamu juga pasti bisa kok bikin tulisan begitu. Tentunya untuk produk kamu sendiri ya atau mengerjakan tugas dari client. udah nggak sabar pengen langsung praktek? Yuk segera kita praktekan setelah selesai membaca artikel ini.

Jenis-jenis Copywriting

Jenis-jenis ini saya dapat berdasarkan pengalaman saya ketika mengikuti webinar yang diadakan oleh Flp Kab. Sukabumi bersama dengan Indosat Ooredoo. Waktu itu yang mengisi materi copywriting adalah Pak Ali Muakhir atau biasa dipanggil Kang Alee. Webinarnya menyenangkan, ilmu yang saya ketahui tentang copywriting jadi bertambah. Jadi makin tahu apa itu teknik copywriting dan cara mengaplikasikannya. Eits jangan khawatir ya, ilmunya akan saya bagikan di sini kok. tetap bersama saya ya sobat Dutinov. 
Webinar Copywriting yang diadakan FLP Kab. Sukabumi bersama Indosat Ooredoo
Langsung aja ya, berikut jenis-jenis Copywriting :

Story Copy

Jenis yang pertama ini adalah Copywriting yang lebih menekankan pada penjelasan mengenai produk secara rinci. Mulai dari kelebihan hingga manfaatnya bagi pembaca atau calon pelanggan. Kamu mungkin sering melihat iklan jenis ini ketika hendak memasuki bulan ramadhan, iklan yang berasal dari produk minuman syrup itu loh. Hampir setiap tahun copywriternya selalu menggunakan teknik story copy dalam beriklan.

You and Me Copy

Yang kedua adalah You and Me Copy. Ini adalah jenis Copywriting yang lebih menekankan kepada bahasa penyampaian. Kamu sebagai Copywriter seolah berbicara langsung dengan pelanggan. Sehingga  tulisannya akan terkesan menjadi lebih intim dan intens.

Sebagai contoh, kamu mungkin pernah mendapatkan email penawaran dari seorang marketing tentang produk berupa barang atau jasa dong ya? Jika kamu perhatikan, bahasa yang mereka gunakan di email pastinya menggunakan bahasa yang lebih intim seperti menyebut nama secara langsung.

Forthright copy 

Jenis forthright copy akan menjelaskan apapun yang menjadi kelemahan dan kelebihan dari produk. Hal ini akan membuat calon konsumen lebih percaya dengan produk Kamu. Forthright Copy membuat kesan yang realistis pada produk. Namun ingat, jangan sampai membuat produk terlihat jelek di mata calon konsumen.
 
Contoh untuk jenis ini akan sering kita lihat di saluran televisi khusus penjualan barang, home shopping yang menjual alat-alat fitnes misalnya.

Hiperbolic Copy

Hiperbolic Copy jenis Copywriting yang riskan. Jika produk tidak sesuai kenyataan, bukan tidak mungkin produk dicap menipu. 

Theaser Copy

Teaser Copy membuat calon konsumen penasaran dengan produk yang ditawarkan.
Biasanya menggunakan bahasa yang menggelitik, menyepelekan, menantang, ataupun meragukan calon pembeli sehingga membuatnya tertarik dan penasaran ingin mengetahui produk yang Kamu jual.

Rumus AIDA dan PAS, Terbukti Sukses Membuat Copywriting yang Sangat Ampuh

Setelah mengenal jenis-jenis copywriting, kini saatnya kamu memulai praktek membuat copywriting dengan memakai Rumus AIDA, rumus yang sudah terbukti ampuh untuk menggaet pelanggan.

Rumus AIDA

Copywriting
File Persentasi Webinar Bersama FLP Kab. Sukabumi dan Indosat

Rumus AIDA sendiri merupakan akronim dari Attention, Interest, Desire, dan Action. Berikut ulasannya biar kamu makin mengerti

Attention

Copy yang kita buat harus menangkap perhatian. Seperti misal pada contoh copywriting Indosat di awal itu, mereka menggunakan kata GRATIS  untuk memancing attention dari pembacanya. 

Interest

Membuat calon pembaca melanjutkan membaca dan tertarik dengan produk Kamu. Setelah kata GRATIS, mereka menawarkan interest berupa KUOTA HINGGA 100GB. Wooo siapa yang tidak tertarik dengan kuota yang cukup besar itu bukan? Ini juga termasuk ke dalam desire.

Desire

Adalah dengan membuat calon pelanggan sangat menginginkan produksi/layanan Kamu. Siapa sih yang gak mau kuota 100GB secara gratis?

Action

Tahapan yang sederhana mengajak calon pelanggan mengambil tindakan. Pada contoh di atas, mereka mengajak pembaca untuk membuka aplikasi MyIm3 versi terbaru dan memainkan sebuah game. Atau dengan mengklik tautan yang sudah disediakan.

Rumus PAS

Rumus PAS merupakan akronim dari  Problem, Agitate dan Solution berikut penjelasannya :

Problem

Adalah memasarkan produk dengan memanfaatkan masalah pada pelanggan untuk diberikan solusi. Di bagian ini kamu tuliskan apa masalah calon pembeli yang akan kamu beri solusinya.

Contohnya kamu sedang jualan minuman kekinian. Problemnya adalah rasa haus? Pengen yang seger-seger? Dll. Tulis dalam kalimat tanya seperti berikut : Haus? Gerah, lalu pengen minum yang seger-seger? 

Agitate

Coba mendramatisir masalah dan meyakinkan target konsumen bahwa apa yang menimpa mereka adalah masalah serius.

Haus bisa bikin mood kacau loh, dan bisa bikin kamu kehilangan energi karena dehidrasi. Bikin konsumen percaya bahwa masalah yang ia hadapi cukup serius.

Solution 

Menawarkan solusi kepada calon pembeli. Ini jelas ya. Kasih dia solusi, ajak dia supaya membeli produk minuman kamu.

Contoh : Jangan tunggu lagi! Biar hausnya hilang dan mood kamu tetap terjaga, kamu harus minum ini! Minuman kekinian.

Ketiganya apabila digabungkan akan menjadi : 

Haus?
Gerah?
Lalu pengen minum yang seger-seger?
Tahu nggak kalau haus dan gerah bisa bikin mood kacau loh, dan bisa bikin kamu kehilangan energi karena dehidrasi. 
Jangan tunggu lagi! Biar hausnya hilang dan mood kamu tetap terjaga, kamu harus minum ini! Minuman kekinian.

Gimana nih? Setelah tahu rumus-rumus dan contohnya, teknik copywriting gak jadi susah untuk pelajari kan? Pokoknya nggak ada lagi deh susah-susahan belajar copywriting. Apalagi setelah ini akan saya berikan 99 contoh kalimat efektif copywriting

99 Contoh Kalimat Sakti dan Efektif Copywriting

Sobat Dutinov, sebelum beneran praktek, ada baiknya nanti kamu buka dulu 99 contoh kalimat efektif copywriting ya.

Pelajari, lalu gunakan teknik Amati Tiru dan Modifikasi (ATM) untuk menyesuaikan dengan produk yang akan kamu pasarkan. Misalnya nih ya, kamu akan memasarkan produk sepatu, amati 99 contoh kalimat tersebut, lalu tiru yang menurut kamu copywritingnya sangat menarik dan cocok dengan produk sepatu. Setelah itu, lakukan modifikasi dengan bahasa atau contoh produk yang betul-betul sesuai dengan sepatu yang kamu maksud.

Untuk mendapatkan data 99 kalimat efektif untuk ccopywriting, silakan klik gambar ya


Apa yang Saya Dapat ketika Saya Mengerti dan bisa Mempraktekan Teknik Copywriting

Setelah mengerti dan bisa mempraktekannya, kamu bisa menggunakan teknik copywriting untuk kepentingan diri sendiri atau untuk kepentingan orang lain

Untuk Diri Sendiri

Adalah kamu bisa menggunakan teknik ini untuk usaha atau produk yang dikelola oleh pribadi sendiri, bisnis jasa yang sedang kamu geluti juga bisa dibuatkan copywritingnya. Mendomplang banyak pemasukan karena banyak orang yang tertarik dengan produk kamu.

Dan ini bakalan amazing dong kalau ownernya bisa bikin copywriting buat produk sendiri. Woooooia kalau sudah begitu, Fixya kamu jadi gak perlu jasa copywriter profesional. Seperti prinsip ekonomi : Mengeluarkan usaha sesedikit (efektif) mungkin untuk hasil yang maksimal.

Untuk Orang Lain

Mungkin bisa kamu jadikan keahlian (pekerjaan) dengan membantu memasarkan produk orang lain, artinya kamu menjadi profesional copywriter. Banyak perusahaan yang rela membayar cukup mahal supaya produknya laku dipasaran, segera ambil kesempatan itu. Belajar copywriting dengan penuh semangat ya

Benefit Menggunakan Teknik Copywriting

Copywriting menawarkan kamu banyak kemudahan, diantaranya adalah 

Membuat Promosi Lebih Efektif

Bukan rahasia lagi kalau tulisan yang menarik akan membuat promosi semakin efektif, semakin persuasif.  Copywriting yang terstruktur akan menghasilkan engagement yang bagus.

Membuat Pelanggan Lebih Percaya dengan Produk Kita


Copywriting yang bagus membuat orang lebih percaya dengan produk yang dipasarkan karena  Copywriting memiliki jiwa seakan-akan bisa berkomunikasi langsung dengan pembaca dan memiliki kaitan erat dengan produk atau brand .

Meningkatkan Konversi

Copywriting tidak hanya membahas soal seberapa besar traffic atau kunjungan yang dilakukan calon customer, namun dapat mengkonversikannya menjadi pembeli atau mungkin menjadi pelanggan, bahkan melakukan transaksi secara berkelanjutan.

Penutup 


Ternyata setelah mengetahui pengertian dan contoh copywriting, lalu kamu mempelajari jenis dan rumusan copywriting, kamu memodifikasi setiap kata dan kalimat yang ada menjadi copywriting khas buatan kamu sendiri, sudah jelas ini membuktikan bahwa sebetulnya belajar copywriting itu mudah sekali bukan? nggak ada lagi susah belajar copywriting ya. 

Jangan pernah berhenti belajar, terus berusaha dan melakukan yang terbaik pada setiap percobaan yang kamu lakukan. Jika gagal, ulangi lagi, coba lagi. Hingga pada akhirnya kegagalan itu akan bosan sendiri dengan usaha yang kamu lakukan.


Akhir kata, sekian dan terimakasih.
Wassalamuálaikum warhmatullohi wabarokaatu.

Best Regards

Ibrahim Dutinov.
Penulis Blog, Bukan teroris

Sumber  :

Webinar Teknik Copywriting, teknik menjual lewat tulisan. Diadakan oleh Flp dan Indosat Ooredoo Kabupaten Sukabumi.
Kelas Skill Academy : Trik merangkai kata untuk meningkatkan penjualan. 
https://dash2system.wordpress.com/2018/10/11/99-kumpulan-kata-kata-promosi-online-untuk-olshop-maupun-bisnis-anda-komplit-banget/



Ibrahim Dutinov
Pembela kebenaran, pencari jomet sejati. Gue Ibrahim, gue penulis. Bukan teroris!

Related Posts

4 komentar

  1. Wahh, makasih banyak pencerahan nya. Saya beberapa kali diminta membuatkan narasi untuk sebuah acara/seminar dalam sebuah komunitas. Baru tahu sekarang itu istilahnya copywriting dan bisa jadi pundi -pundi penghasilan juga ya. Waww. . . Thank infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyiaap Bu. Terimakasih juga sudah berkenan mampir.

      Hapus
  2. Saya juga baru tahu tentang copywriting, ternyata ada tips yang ngilmu banget ya buat nyusunnya. Padahal sering banget menerima pesan dari Indosat (secara pengguna indosat setia), eh baru tau itu pesan namanya copywriting.

    Buat yang berkecimpung di bidang pendidikan, berguna banget juga nih buat persiapan PPDB tahunan, biar lebih ciamik buat ngiklanin sekolah kita. Terima kasih om baim buat sharing ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Pak Yonal. Ciyeh sekarang bisa pakek copywriting dong buat menarik anak sekolah. Hehe

      Hapus

Posting Komentar

Follow by Email