Yang Orang Lakukan Ketika Hujan

1 komentar



Ada banyak cara yang bisa dilakukan ketika turun hujan. Salah satunya mungkin cocok dengan apa yang sudah saya tulis di sini. Yuk, kita chek satu-satu apa sih yang biasa orang lakukan ketika hujan turun?

September ceria milik kita berasama

Kurang lebih gitu kali ya lagu jadul yang ngomongin September. Gue jadi inget kata guru gue soal September, gini...katanya kalau bulan sudah memasuki September, siap-siap deh tuh sama hujan. September, Oktober, November dan Desember, ujungnya ber ber semua tuh. Kayak hujan. Beeeer, basah kuyup deh kita.


Ayat-Nya tentang Hujan

Definisi hujan adalah butiran-butiran air yang turun dari langit, ke bumi. Jadi kalau butiran-butiran itu turun dari mata ke pelipis, bukan hujan ya namanya. hihi itu namanya nangis. Satu lagi, ada jenis hujan yang datangnya tidak melulu dari langit. Yap, itulah "hujan lokal".


Beberapa surah dalam Al - Qur'an yang bahas tentang hujan yaitu ada dalam surah Al-A’raaf ayat 57.


Dan Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahmat-Nya (hujan). Hingga apabila angin itu telah membawa awan mendung, Kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu Kami turunkan hujan di daerah itu, maka Kami keluarkan dengan sebab angin itu pelbagai macam buah-buahan. Seperti itulah Kami membangkitkan orang-orang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran.

Ada juga dalam Surah Al Baqarah ayat 22 dijelaskan hujan merupakan sebab datangnya rezeki kepada kita.

Dialah Yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezeki untukmu. Karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui.

Masya Allah, memang betul ya, segala sesuatu yang Allah ciptakan itu, jelas ada manfaatnya. Baydewey nih gasss. Ngomongin hujan, apa yang biasa kamu lakukan ketika hujan? apakah sama dengan beberapa aktivitas ini.


Berdo'a

Satu dari sekian aktivitas yang biasa dilakukan orang ketika turun hujan adalah berdo'a. "Allohumma Shoyyiban Nafi'an" adalah do'a yang dianjurkan ketika bulir-bulir itu turun dari langit ke bumi, tapi tak sedikit juga gue liat di sosmed yang berdo'a semisal gini "Ya Alloh, jangan dulu turun hujan dong, aku masih dijalan, cucian belum kering". ada juga yang berdo'a. "semoga hujannya awet ya Alloh biar rangorang gak pada mamingan. (biasanya sih terjadi ketika malam minggu). hihihi.

Yang pertama ini, wajib banget kita praktekkan kalau mau berkah. Udah dikasih contohnya kan, jaman dulu juga kalau hujan, dianjurkan membaca do'a ketika turun hujan.

   

Bikin Status

Hal lain yang biasa dilakukan rangorang ketika turun hujan adalah bikin status di akun sosmednya masing-masing. kebanyakan membuat status tentang hujan. bisa puisi, cerpen, kenangan masa lalu bersama seseorang, atau mungkin bikin status seperti ini "Buruan bikin status, sebelum hujannya reda".


Benerin Genteng dan Siapkan Baskom (Karena Ada yang Genteng Bocor)


Aktivitas ini biasanya terjadi pada rangorang yang tempat tinggalnya sering bocor. kepanikan pun terjadi ketika tiba-tiba hujan datang, tanpa diduga. baskom di mana-mana, nyari-nyari tangga buat benerin genteng.


Bikin Puisi

Aktivitas ini biasanya dilakukan para pujangga. katanya sih hujan mendatangkan banyak rasa, seringnya bulir-bulir itu mendatangkan kenangan masa lalu. kedatangan ini disambut baik oleh para pujangga, mereka mulai menuliskan kata-demi kata, memilih diksi yang tepat. akhirnya, terciptalah puisi tentang hujan.


Hujan-hujanan

Bila nanti saatnya tlah tiba

Ku ingin kau menjadi istriku

berjalan bersamaku dalam terik dan hujan

berlarian ke sana ke mari dan tertawa

Well, hujan-hujanan termasuk aktivitas yang sering dilakukan rangorang ketika hujan turun. entah itu terpaksa karena gak bawa payung atau jas hujan, entah itu sengaja seperti lirik lagunya payung teduh - akad. atau seperti bocah-bocah polos yang tak tahu kalau hujan bisa saja mendatangkan penyakit setelahnya.


Jualan Payung

Hujan memang sering mendatangkan berkah. Salah satunya adalah berkah untuk para penjual payung, biasanya penjual payung akan lebih laku jualannya ketika turun hujan berubah jadi musim. 

Apakah kamu termasuk orang yang memanfaatkan hujan dengan berjualan payung? Kalau mau jualan, boleh sini titip di sini ya. Hehe


Akhir Kata

Hujan adalah rahmat, datangnya juga membawa berkat. Tanah yang tandus berubah menjadi subur, pohon yang kering juga bisa puas mendapatkan air. Segala puji bagi Alloh Swt, karena telah menciptakan hujan.

Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan ketika turun hujan, kamu boleh nyoba salah satu dari ke enam hal aktivitas di atas. Gratis kok gak bakalan disuruh bayar.


Ibrahim Dutinov
Pembela kebenaran, pencari jomet sejati. Gue Ibrahim, gue penulis. Bukan teroris!

Related Posts

1 komentar

  1. kalau aku... bersyukur, berdoa, menikmati

    tapi saat awal2 hujan kemarin, aku malah marah2. soalnya aku lagi di luar. gak mau kehujanan. soalnya aku kalau kadung sakit bisa rewel banget

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email